Minggu, 24 Mei 2009

Jawaban Remed Geografi

1.Terumbu Karang banyak terdapat di daerah tropis dibandingkan didaerah subtropis, jelaskan ?
Karena salah satu komponen terpenting dalam pembentukan Terumbu Karang adalah Alga. dan juga sinar matahari dengan intensitas yang berbeda dapat mempengaruhi jumlah terumbu karang. Hal itu karena sinar matahari di daerah tropis lebih banyak daripada di subtropis, sehingga membuat terumbu karang lebih banyak di daerah tropis.


2.Jelaskan asal mula terbentuknya atol?
pembentukan Atol berawal dari karang tepi yang seringkali terdapat di sekeliling pulau vulkanis. ketika permukaan dasar laut turun, pulau tenggelam secara perlahan, tetapi terumbu karang tetap tumbuh keatas. Atol merupakan tahap akhir dari terumbu yang terbentuk ketika daratan tenggelam ke dasar laut, menyisakan cincin karang.


3.Sebutkan dan jelaskan morfologi laut ditinjau dari kedalamannya?
Zona Litoral : yaitu bagian lautan yang terletak di antara kondisi saat air laut pasang naik dan pasang surut.


Zona Neritik : yaitu bagian lautan yang dalamnya berkisar 50-150 m. wilayah ini dapat ditembus oleh cahaya matahari sehingga kehidupan hewan dan tumbuhan paling banyak berada di wilayah ini.

Zona Batial : yaitu bagian lautan yang dalamnya 150-2000 m, sehingga cahaya matahari tidak dapat menembus sampai dasar laut. jenis binatang ,masih dapat hidup di kedalaman ini, tetapi tumbuhan jauh berkembang dibandingkan zona neritis.

Zona Abisal : ialah bagian lautan yang dalamnya lebih dari 2000 m, suhu di wilayah ini sangat rendah , sehingga sudah tidak ada lagi tumbuhan. beberapa hewan laut ada yang mampu hidup di zona ini.

Basin : ialah dasar laut yang dalam berbentuk seperti baskom besar.

4.Sebutkan beberapa tipe pantai beserta contohnya?
Pantai Datar : pantai datar adalah pantai dengan kondisi bentuk pantai yang mendatar. pantai ini banyak dijumpai di Indonesia, seperti halnya di Ancol (DKI Jakarta) dan pantai Anyer.


Pantai Laguna : pantai laguna adalah pantai yang menyerupai bentuk seperti danau di dekat pantai. pantai tersebut seperti tertutup oleh lingkaran batu karang yang menghalangi ombak dari lautan lepas langsung masuk ke pantainya. biasa juga disebut danau laut atau laguna. Contoh : Laguna Glenrock, Australia.

Pantai Berpasir : pantai berpasir adalah bentuk pantai yang landai atau datar dengan dominasi pasir yang sangat banyak. misalnya pantai Parangtritis di Yogyakarta.

Pantai Curam : Pantai curam adalah pantai yang berbentuk dinding-dinding yang curam. ombak di pantai ini dapat menghantam dinding tersebut yang lama kelamaan mengakibatkan bentukan-bentukan yang curam. Pantai curam terdapat di selatan Jawa dan Barat Sumatra.

Pantai Fyord : Pantai Fyord adalah pantai yang mempunyai bentuk seperti huruf U yang curam. pantai ini terjadi akibat adanya proses pencairan es menuju laut di negara beriklim dingin. contoh : Fyord Sogne, Norwegia.

Pantai Estuaria : Pantai Esturia adalah pantai yang berbentuk seperti corong. pantai ini terdapat di muara sungai atau tempat bertemunya air sungai dan air laut. pantai Estuaria adalah wilayah yang memiliki keanekaragaman yang tinggi.

5.Mengapa pada daerah estuaria kadar salinitasnya rendah?
Karena air laut yang salinitasnya tinggi, bercampur dengan air sungai, yang merupakan air tawar yang berkumpul di muara sungai dan membuat salinitas air laut berkurang.


6.Mengapa temperatur air laut bervariasi?
Hal itu disebabkan karena kedalaman laut yang berbeda, karena semakin dalam laut maka makin rendah temperaturnya, karena intensitas cahaya mataharinya rendah/sulit tembus, berbeda dengan laut dengan kedalaman rendah temperaturnya pasti lebih tinggi. Selain itu iklim juga mempengaruhi, temperature air laut didaerah kutub pasti berbeda dengan temperature laut di daerah tropis.


7.Mengapa perairan di sekitar padang lamun relative lebih tenang?
karena di daerah Padang Lamun, terdapat banyak pasir dan lumpur, karena itu kekuatan arus laut sudah tertahan oleh pasir dan lumpur. dapat dikatakan kekuatan ombak ditahan oleh pasir dan lumpur. karena itu Padang Lamun digunakan untuk para hewan berkembang biak.


8.Apa fungsi dari mangrove bagi ekosistem?
- penyedia nutrien bagi biota perairan

- tempat perkembangbiakan berbagai macam ikan
- penahan abrasi- penyerap limbah- pencegah intrusi laut
- penahan amukan angin topan dan gelombang yang besar

9.Mengapa di Selatan Jawa tidak terdapat Hutan Mangrove?
tumbuhnya hutan Mangrove adalah tumbuhan yang dapat hidup di pesisir pantai salah satunya adalah terlindungi dari gempuran ombak dan arus pasang surut yang kuat. Akan tetapi di daerah selatan Jawa, gempuran ombaknya sangat kencang dan hal ini dapat dibuktikan/dilihat bahwa pantai di Selatan Jawa adalah pantai yang langsung menuju Samudera Hindia yang membuat gempuran ombaknya memang kencang. Tetapi menurut data dan hasil pantauan saya kondisi bentuk pantainya relatif datar, namun karena gempuran ombak yang kuat, dan tidak memenuhi syarat tumbuhnya mangrove, membuat Hutan Mangrove tidak dapat tumbuh di Selatan Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar